PROFILDINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN TANAH DATAR
I. Sekilas Profil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja
A. Visi dan Misi
Visi :
“Meningkatnya Investasi dan Kesempatan Kerja melalui Penyiapan Potensi Investasi, pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketersediaan Tenaga Kerja yang Siap Pakai”
Misi :
B. Motto
“ Kepastian Pelayanan di T4 (Tepat syarat, Tepat prosedur, Tepat waktu dan Tepat biaya)”
(dapat juga diartikan adanya kepastian pelayanan perizinan di T4 (tempat) mulai dari persyaratan dan contoh blangko serta waktu penyelesaian izin (sudah diperoleh pada PATEN), dan ketepatan prosedur dan biaya retribusi yang dikenakan diperoleh pada Dinas PMPTSP NAKER
C. Maklumat/ Janji Layanan
Kami Pegawai Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar, dengan ini berjanji akan memberikan pelayanan kepada masyarakat :
"Insya Allah kami sanggup menyelenggarakan Pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang ditetapkan, dan Apabila tidak menepati Janji, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku"
D. Standar Operasional Prosedur (SOP)
SOP Pelayanan perizinan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 503/15/DPMPTSP NAKER-2017 tanggal 30 Maret 2017, dan saat ini sedang dibahas dengan perangkat daerah terkait untuk ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar berdasarkan pasal 14 ayat (2) Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah. Prosedur pelayanan perizinan yang dilakukan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja selama ini tetap mengacu kepada Standar Operasional Prosedur pelayanan perizinan yang telah ditetapkan.
E. Sistem Pengelolaan Pengaduan Masyarakat
Sistem Pengelolaan Pengaduan Masyarakat ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 500/175/DPMPTSPNAKER-2017 tanggal 17 Maret 2017 Tentang Mekanisme Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar. Untuk melakukan pengelolaan pengaduan masyarakat dibentuk unit pengelolaan pengaduan melalui Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor/13/PMPTSP DAN NAKER-2017 tanggal 17 Maret 2017 Tentang Pembentukan Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar.
Layanan pengaduan masyarakat melalui:
F. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilaksanakan minimal 1 kali setahun. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan dilakukan oleh Tim Survey Kepuasan Masyarakat yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar Nomor 500/232/PMPTSP NAKER-2017 tanggal 7 April 2017 Tentang Pembentukan Tim Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Tahun 2017. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2017 terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja yaitu 78,10 dengan mutu pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan: Baik. Disamping itu Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja menyediakan Kotak Survei Pelayanan Publik untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.
G. Standar Pelayanan
Standar Pelayanan Perizinan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 503/15.a/DPMPTSP NAKER-2017 tanggal 30 Maret 2017 Tentang Penetapan Standar Pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar. Saat ini Standar Pelayanan perizinan dibahas untuk ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar berdasarkan pasal 13 ayat (2) Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah.
Standar Pelayanan Perizinan tetap disosialisasikan, baik melalui website Dinas PMPTSP NAKER, melalui Radio Luhak nan Tuo dan Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan pada 14 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Spanduk pelayanan pada ruang Informasi Dinas PMPTSP NAKER dan spanduk yang dibagikan ke kecamatan dan Buku Informasi.
|
|
Sosialisasi Pelayanan Perizinan pada salah satu Kecamatan
II. Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja.
Data Personil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kondisi Maret 2018 yaitu 44 orang. Komposisi pegawai tersebut dirinci dalam tabel sebagai berikut :
Tabel 2.1
Sumberdaya Manusia Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar
No | Nama/ Nip | Pangkat/ Gol | Jabatan |
1. | Zarratul Khairi, SE, MT NIP. 19630805 199003 1 005 |
Pembina TK.I, IV/b | Kepala Dinas PMPTSP-NAKER |
2. | Dodi Juli Hendri, ST, MT, M.Sc NIP. 19740703 200212 1 0021 |
Pembina, IV/a | plt. Sekretaris PMPTSP-NAKER |
3. | Dodi Juli Hendri, ST, MT, M.Sc NIP. 19740703 200212 1 002 |
Pembina, IV/a | Kabid Penanaman Modal dan ESDM |
4. | Syofa Nofa Budianto, SH NIP. 19740612 199403 1 005 |
Pembina, IV/a | Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan |
5. | Drs. Yommasrizal NIP. 19631102 199302 1 001 |
Pembina, IV/a | Kabid Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Layanan |
6. | Melly Hendrayani, S. Kom NIP. 19761222 200212 2 007 |
Pembina, IV/a | Kabid Tenaga Kerja |
7. | Rizki Fauzi Oktaria Duha, S.STP NIP. 19881025 201010 2 001 |
Penata, III/c | plt. Kepala UPT BLK |
8. | Zedriyenti, S.Sos NIP. 19820808 200701 2 002 |
Penata, III/c | Kasubag perencanaan dan Evaluasi |
9. | Zedriyenti, S.Sos NIP. 19820808 200701 2 002 |
Penata, III/c | plt. Kasubag Keuangan |
10. | Hildiyanti Zilfia, SE NIP. 19651024 199303 2 003 |
Penata Tk. I, III/d | Kasubag Umum dan Kepegawaian |
11. | Helni Rusyda, S.Sn NIP. 19680802 199403 2 006 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Pengendalian Penanaman Modal |
12. | Masri Umar, ST NIP. 19670103 199202 1 001 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Energi Sumber Daya Mineral |
13. | Ayandi, SE NIP. 19700107 199003 1 002 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Perencanaan, Pengembangan iklim, Promosi dan Kerjasama |
14. | Deswarni, S.Sos NIP. 19651122 198902 2 002 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bidang Sosial Budaya |
15. | Rina Aktova, S.Km NIP. 19670520 199103 2 006 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Pelayanan perizinan dan Non Perizinan Bidang Ekonomi |
16. | Syafyoni, ST NIP. 19700624 199403 2 003 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bidang Fisik |
17. | Yufiatri Ferma, SH NIP. 19670213 199803 1 001 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Kebijakan dan Penyuluhan Layanan |
18. | Syafril Gazali, SE, M.Si NIP. 19850422 200301 1 005 |
Penata, III/c | Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan |
19. | Mulyadi, DJ, S.Sos NIP. 19710328 200801 1 001 |
Penata Tk. I, III/d | Kasi Pelaporan dan Peningatan Layanan |
20. | Budi Syafputra, SE NIP. 19771107 200901 1 005 |
Penata Muda TK.I, III/b | Kasi Pembinaan, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja |
21. | Budi Syafputra, SE NIP. 19771107 200901 1 005 |
Penata Muda TK.I, III/b | plt. Kasi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja |
22. | Yolla Yulanda, SE, MM NIP. 19880730 201001 2 016 |
Penata, III/c | Kasi Hubungan Industrial dan Perlindungan tenaga Kerja |
23. | Hasnul Fajri, A.Md NIP. 19810308 201001 1 014 |
Penata Muda, III/a | Bendahara |
24. | Dewi Febri, A.Md NIP. 19840222 201001 2 031 |
Penata Muda, III/a | Pengelola Pemanfaatan Barang Milik Daerah |
25. | - | - | Pemeriksa Penanaman Modal |
26. | - | - | Pengadministrasi Umum |
27. | Yeni Azwita, SH NIP. 19631001 198503 2 003 |
Penata Tk. I, III/d | JF Mediator Hubungan Industri Muda |
28. | Armentoni, ST NIP. 19780731 200604 1 005 |
Penata Tk. I, III/d | JF Instruktur Mud |
29. | Rizki Fauzi Oktaria Duha, S.STP NIP. 19881025 201010 2 001 |
Penata, III/c | Kasubag TU BLK |
30. | Yudi Ardison, S.Pd NIP. 19710501 200604 1 012 |
Penata, III/c | Pengadministrasi Pelatihan |
31. | Budiarnis NIP. 19640525 198503 2 005 |
Penata Muda, Tk. I, III/b | Analis Dokumen Perizinan |
32. | Aprizal NIP. 19640426 198603 1 003 |
Penata Muda, Tk. I, III/b | Pengemudi |
33. | Defrizon, A.Md NIP. 19780808 201001 1 019 |
Penata Muda, III/a | Analis Dokumen Perizinan |
34. | Suciati NIP. 19730222 200701 2 004 |
Pengatur Tk. I, II/d | Pengelola Pemberi Ketatalaksanaan Pelayanan Perizinan |
35. | Sofia Deslina NIP. 19830803 200701 2 003 |
Pengatur Tk. I, II/d | Penyuluh Tenaga Kerja |
36. | Surmiko, A.Md NIP. 19831229 200604 1 001 |
Penata Tk. I, III/d | Instruktur Pertam |
37. | Erman Nofrianto, S.Pd NIP. 19831116 201503 1 004 |
Pengatur Tk. I, II/d | Instruktur di UPT BLK |
38. | Rido Yunanda, ST NIP. 19870213 202012 1 005 |
Penata Muda, III/a (CPNS) | Instruktur di UPT BLK |
39. | Muhammad Ihsan, ST NIP. 19870501 202012 1 009 |
Penata Muda, III/a (CPNS) | Instruktur di UPT BLK |
40. | Fikri Fiqi Aulia, ST NIP. 19951219 202012 1 009 |
Penata Muda, III/a (CPNS) | Instruktur di UPT BLK |
41. | Riky Ariesky, SE NIP. 19870401 202012 1 010 |
Penata Muda, III/a (CPNS) | Analis Iklim Usaha dan Kerjasama |
42. | Gianda Verma, ST NIP. 19910413 202012 1 008 |
Penata Muda, III/a (CPNS) | Penelaah Data Sumber Daya Alam |
43. | Wildo Satrio, S.Kom NIP. 19940329 202012 1 010 |
Penata Muda, III/a (CPNS) | Pemeriksa Teknologi Informasi |
44. | Khairul Fanni, S.Kom | - | Programmer (THL) |
45. | Rati Permata Sari | - | Front Office (THL) |
46. | Rury Abilia Guna, A.Md | - | Front Office (THL) |
47. | Yulianis, SE | - | Tenaga Administrasi/Operator BKOL (THL) |
48. | Siska Purnama Sari, S.Pd.i | - | Tenaga Administrasi/Operator BKOL (THL) |
49. | Ahmad Fitri Naldi, S.Pd.i | - | Tenaga Keamanan/Penjaga Malam Dinas PMPTSPNAKER (THL) |
50. | Vicky Rizki Febrian | - | Tenaga Keamanan/Penjaga Malam BLK (THL) |
51. | Dian Agusti Rahmat, S.Kom | - | Pengemudi |
52. | Giftni Resti Indriani, S.Kom | - | Tanaga Pendamping DAK |
Tabel 2.2
Susunan Kepegawaian Menurut Golongan Ruang Kepangkatan Tahun 2018
No | Golongan | Ruang | Jumlah | |||
A | B | C | D | |||
1 | IV | 4 | 1 | 5 | ||
2 | III | 9 | 4 | 5 | 12 | 30 |
3 | II | 3 | 3 | |||
4 | I | |||||
5 | THL | 9 | ||||
Jumlah | 47 |
Tabel 2.3
Susunan Pegawai Menurut Tingkat Pendidikan
No | Tingkat Pendidikan | Jumlah |
1 | Pasca Sarjana (S2) | 4 |
2 | Sarjana (S1) | 32 |
3 | Diploma III (D-III) | 5 |
4 | Diploma II (D-II) | - |
5 | Diploma I (D-I) | - |
6 | SLTA | 6 |
7 | SLTP | - |
8 | SD | - |
Jumlah | 47 |
Personil yang melaksanakan pelayanan perizinan, mulai memberikan informasi sampai diserahkannya izin kepada pemohon dan melayani pengaduan yaitu berjumlah 13 orang dengan rincian sebagai berikut:
Pedoman Sikap dan Prilaku Pegawai
Pedoman Sikap dan Prilaku Pegawai DPMPTSP NAKER mempedomani Kode Etik Pegawai DPMPTSP NAKER
Upaya Peningkatan Disiplin Pegawai
Peningkatan disiplin pegawai DPMPTSP NAKER dilaksanakan melalui sebagai berikut:
Upaya Peningkatan Kompetensi dan Keterampilan Pegawai
Untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan pegawai dilaksanakan melalui:
Untuk meningkatkan kerjasama tim dalam melaksanakan tugas pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dilaksanakan Outbond Management Training setiap tahunnya: