Profil

Profil

PROFILDINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN TANAH DATAR

I. Sekilas Profil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja

A. Visi dan Misi

       Visi :

                  “Meningkatnya Investasi dan Kesempatan Kerja melalui Penyiapan Potensi Investasi, pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketersediaan Tenaga Kerja yang Siap Pakai”

      Misi :

  1. Mewujudkan aparatur yang disiplin dan profesional
  2. Mewujudkan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai
  3. Menyiapkan potensi investasi yang dapat dipromosikan dan dikerjasamakan
  4. Meningkatkan pelayanan terpadu satu pintu bidang penanaman modal  
  5. Meningkatkan  pelayanan ketenagakerjaan
  6. Meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan
  7. Menciptakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan penyempurnaan legislasi dalam proses pelayanan penanaman modal dan ketenagakerjaan
  8. Meningkatkan pembinaan dan pengawasanpenanaman modal dan ketenagakerjaan

B. Motto

                  “ Kepastian Pelayanan di T4 (Tepat syarat, Tepat prosedur, Tepat waktu dan Tepat biaya)”

(dapat juga diartikan adanya kepastian pelayanan perizinan di T4 (tempat) mulai dari persyaratan dan contoh blangko serta waktu penyelesaian izin (sudah diperoleh pada PATEN), dan ketepatan prosedur dan biaya retribusi yang dikenakan diperoleh pada Dinas PMPTSP NAKER

C. Maklumat/ Janji Layanan

Kami Pegawai Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar, dengan ini berjanji akan memberikan pelayanan kepada masyarakat :

  1. Dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Memberikan Informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat
  3. Cepat dalam pelayanan, waktu yang pasti dan biaya yang transparan
  4. Menerima setiap keluhan dan keberatan masyarakat secara ikhlas dan sabar serta mencarikan solusi yang tepat
  5. Tidak akan menerima pemberian dan hadiah dari masyarakat dalam bentuk apapun
  6. Melaksanakan budaya kerja yang profesional selaku abdi negara dan abdi masyarakat
  7. Berusaha meningkatkan kemampuan diri mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi terutama di bidang pelayanan publik

"Insya Allah kami sanggup menyelenggarakan Pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang ditetapkan, dan Apabila tidak menepati Janji, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku"

 

D. Standar Operasional Prosedur (SOP)

SOP Pelayanan perizinan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 503/15/DPMPTSP NAKER-2017 tanggal 30 Maret 2017, dan saat ini sedang dibahas  dengan perangkat daerah terkait untuk ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar berdasarkan pasal 14 ayat (2) Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah. Prosedur pelayanan perizinan yang dilakukan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja selama ini tetap mengacu kepada Standar Operasional   Prosedur pelayanan perizinan yang telah ditetapkan.

E. Sistem Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Sistem Pengelolaan Pengaduan Masyarakat ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 500/175/DPMPTSPNAKER-2017 tanggal 17 Maret 2017 Tentang Mekanisme Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar. Untuk melakukan pengelolaan pengaduan masyarakat dibentuk unit pengelolaan pengaduan melalui Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor/13/PMPTSP DAN NAKER-2017 tanggal 17 Maret 2017 Tentang Pembentukan Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar.

 

Layanan pengaduan masyarakat melalui:

  • Loket Pengaduan
  • Kotak Pengaduan
  • Telpon pengaduan
  • Website DPMPTSP NAKER
  • Email Pengaduan
  • LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) kontennya ada pada Website Tanah Datar

 

F. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilaksanakan minimal 1 kali setahun. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan dilakukan oleh Tim Survey Kepuasan Masyarakat yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar Nomor 500/232/PMPTSP NAKER-2017 tanggal 7 April 2017 Tentang Pembentukan Tim Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Tahun 2017. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2017 terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja yaitu 78,10 dengan mutu pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan: Baik. Disamping itu Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja menyediakan Kotak Survei Pelayanan Publik untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

 

G. Standar Pelayanan

Standar Pelayanan Perizinan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 503/15.a/DPMPTSP NAKER-2017 tanggal 30 Maret 2017 Tentang Penetapan Standar Pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar. Saat ini Standar Pelayanan perizinan dibahas untuk ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar berdasarkan pasal 13 ayat (2) Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah.

Standar Pelayanan Perizinan tetap disosialisasikan, baik melalui website Dinas PMPTSP NAKER, melalui Radio Luhak nan Tuo dan Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan pada 14 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Spanduk pelayanan pada ruang Informasi Dinas PMPTSP NAKER dan spanduk yang dibagikan ke kecamatan dan Buku Informasi.

Sosialisasi Pelayanan Perizinan pada salah satu Kecamatan

 II. Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja.

  1. Data Personil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja

Data Personil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kondisi Maret 2018 yaitu 44 orang. Komposisi pegawai tersebut dirinci  dalam tabel sebagai berikut : 

 

Tabel 2.1

Sumberdaya Manusia Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar

 

No Nama/ Nip Pangkat/ Gol Jabatan
1. Zarratul Khairi, SE, MT
NIP. 19630805 199003 1 005
Pembina TK.I, IV/b Kepala Dinas PMPTSP-NAKER
2. Dodi Juli Hendri, ST, MT. MSc
NIP. 19740703 200212 1 0021
Pembina, IV/a plt. Sekretaris PMPTSP-NAKER
3. Dodi Juli Hendri, ST, MT. MSc
NIP. 19740703 200212 1 002
Pembina, IV/a Kabid Penanaman Modal dan ESDM
4. Syofa Nova Budianto, SH
NIP. 19740612 199403 1 005
Penata Tk. I, III/d Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan
5. Drs. Yommasrizal
NIP. 19631102 199302 1 001
Pembina, IV/a Kabid Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Layanan
6. Melly Hendrayani, S. Kom
NIP. 19761222 200212 2 007
Pembina, IV/a Kabid Tenaga Kerja
7 Rizki Fauzi Oktaria Duha, S.STP
NIP. 19881025 201010 2 001
Penata Muda TK.I, III/b plt. Kepala UPT BLK
9. Zedriyenti, S.Sos
NIP. 19820808 200701 2 002
Penata Muda TK.I, III/b Kasubag perencanaan dan Evaluasi
10. Aditia Kurnia, SE
NIP. 19741230 200003 1 004
Penata Tk. I, III/d Kasubag Keuangan
11. Hildiyanti Zilfia, SE
NIP. 19651024 199303 2 003
Penata Tk. I, III/d Kasubag Umum dan Kepegawaian
12. Helni Rusyda, S.Sn
NIP. 19680802 199403 2 006
Penata Tk. I, III/d Kasi Pengendalian Penanaman Modal
13. Masri Umar, ST
NIP. 19670103 199202 1 001
Penata Tk. I, III/d Kasi Energi Sumber Daya Mineral
14. Ayandi, SE
NIP. 19700107 199003 1 002
Penata Tk. I, III/d Kasi Perencanaan, Pengembangan iklim, Promosi dan Kerja sama
15. Deswarni, S.Sos
NIP. 19651122 198902 2 002
Penata Tk. I, III/d Kasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bidang Sosbud
16. Rina Aktova, S.Km
NIP. 19670520 199103 2 006
Penata Tk. I, III/d Kasi Pelayanan perizinan dan Non Perizinan Bidang Ekonomi
17. Syafyoni, ST
NIP. 19700624 199403 2 003
Penata Tk. I, III/d Kasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bidang Fisik
18. Yufiatri Ferma, SH
NIP. 19670213 199803 1 001
Penata Tk. I, III/d Kasi Kebijakan dan Penyuluhan Layanan
19. Syafril Gazali, SE, M.Si
NIP. 19850422 200301 1 005
Penata, III/c Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan
20. Mulyadi, DJ, S.Sos
NIP. 19710328 200801 1 001
Penata Tk. I, III/d Kasi Pelaporan dan Peningatan Layanan
21. Budi Syafputra, SE
NIP. 19771107 200901 1 005
Penata Muda TK.I, III/b Kasi Pembinaan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja
22. Budi Syafputra, SE
NIP. 19771107 200901 1 005
Penata Muda TK.I, III/b plt. Kasi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja
23. Yolla Yulanda, SE, MM
NIP. 19880730 201001 2 016
Penata Muda, III/b Kasi Hubungan Industrial dan Perlindungan tenaga Kerja
24. Hasnul Fajri, A.md
NIP. 19810308 201001 1 014
Penata Muda, III/a Bendahara
25. Dewi Febri, A.md
NIP. 19840222 201001 2 031
Penata Muda, III/a Pengelola Pemanfaatan Barang Milik Daerah
26. Efni, SE
NIP. 19620904 198908 2 001
Penata Tk. I, III/d Pemeriksa Penanaman Modal
27. Usin
NIP. 19621231 198203 1 081
Penata,  III/c Pengadministrasi Umum
28. Yeni Azwita, SH
NIP. 19631001 198503 2 003
Penata Tk. I, III/d JF Mediator Hubungan Industri Muda
29. Armentoni, ST
NIP. 19780731 200604 1 005
Penata Tk. I, III/d Analis Kompetensi dan Kualifikasi tenaga Kerja
30. Rizki Fauzi Oktaria Duha, S.STP
NIP. 19881025 201010 2 001
Penata Muda TK.I, III/b Kasubag TU BLK
31. Yudi Ardison, S.Pd
NIP. 19710501 200604 1 012
Penata,  III/c Pengadministrasi Pelatihan
32. Budiarnis
NIP. 19640525 198503 2 005
Penata Muda, Tk. I, III/b Analis Dokumen Perizinan
33. Aprizal
NIP. 19640426 198603 1 003
Penata Muda, Tk. I, III/b Pengemudi
34. Defrizon, A.md
NIP. 19780808 201001 1 019
Penata Muda, III/a Analis Dokumen Perizinan
35. Suciati
NIP. 19730222 200701 2 004
Pengatur Tk. I, II/d Pengelola Pemberi Ketatalaksanaan Pelayanan Perizinan
36. Sofia Deslina
NIP. 19830803 200701 2 003
Pengatur Tk. I, II/d Penyuluh Tenaga Kerja
37. Surmiko, A.Md
NIP. 19831229 200604 1 001
Penata Tk. I, III/b Analis Kompetensi dan Kualifikasi tenaga Kerja
38. Aprilia, S.Pt
NIP. 19690406 200003 2 002
Penata Tk. I, III/d Pengadministrasi Pelatiha
39. Khairul Fanni, S.Kom  - Programmer (THL)
40. Rati Permata Sari  - Front Office (THL)
41. Rury Abilia Guna, A.md  - Front Office (THL)
42. Mulyati  - Operator BKOL (THL)
43. Siska Purnama Sari  - Operator BKOL (THL)
44. Ahmad Fitri Naldi  - Penjaga Malam Dinas PMPTSPNAKER (THL)
45. Vicky Rizki Febrian  - Penjaga Malam BLK (THL)

Tabel 2.2

Susunan Kepegawaian Menurut Golongan Ruang Kepangkatan Tahun 2018

No Golongan Ruang Jumlah
A B C D
1 IV 4 1      5
2 III 3 9 3 15 30
3 II       2  2
4 I          
5 THL          7
Jumlah 44

Tabel 2.3

Susunan  Pegawai  Menurut Tingkat Pendidikan

No Tingkat Pendidikan Jumlah
1 Pasca Sarjana (S2)  5
2 Sarjana (S1) 22
3 Diploma III (D-III)  5
4 Diploma II (D-II) -
5 Diploma I (D-I) -
6 SLTA 14
7 SLTP -
8 SD -
Jumlah 44

 

Personil yang melaksanakan pelayanan perizinan, mulai memberikan informasi sampai diserahkannya izin kepada pemohon dan melayani pengaduan yaitu berjumlah 13 orang dengan rincian sebagai berikut:

  • Melayani informasi pada Loket Informasi   1  orang
  • Melayani pengaduan pada Loket Pengaduan 1 orang
  • Penerima Pendaftaran sebanyak 2 orang yaitu meliputi: Pendaftaran Perizinan Bidang Fisik dan Sosisl Budaya, Pendaftaran Perizinan Bidang Ekonomi dan Pendaftaran Layanan Khusus Penyandang Disabilitas
  • Programmer
  • Kasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bidang Fisik
  • Kasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bidang Ekonomi
  • Kasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bidang Sosial Budaya
  • Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan
  • Sekretaris Dinas
  • Kepala Dinas
  • Pengadministrasi Izin

 

  1. Pedoman Sikap dan Prilaku Pegawai

Pedoman Sikap dan Prilaku Pegawai DPMPTSP NAKER mempedomani Kode Etik Pegawai DPMPTSP NAKER

 

  1. Upaya Peningkatan Disiplin Pegawai

Peningkatan disiplin pegawai DPMPTSP NAKER dilaksanakan melalui sebagai berikut:

  • Disiplin untuk kehadiran melalui apel pagi dan sore di kantor memakai fingerprint
  • Disiplin dalam melakukan pekerjaan melalui pengawasan atasan langsung memakai buku catatan pekerjaan setiap jam kerja
  • Disiplin dalam berpakaian sudah diatur melalui surat edaran bupati

 

  1. Upaya Peningkatan Kompetensi dan Keterampilan Pegawai

Untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan pegawai dilaksanakan melalui:

  • Bimtek pelayanan
    1. Mengikuti Workshop Pelayanan Perijinan Terpadu Berbasis Elektronik pada tanggal 11 s.d 13 Oktober 2016  di Surabaya.
    2. Mengikuti Rapat Konsolidasi Awal dan Training of Facilitator (TOF) Implementasi Peraturan Daerah tentang Bangunan Gedung pada tanggal 2 - 5 Mei 2017 di  Jakarta
    3. Mengikuti Simposium Inovasi Pelayanan Publik dalam rangka Gelar Pelayanan Publik Jawa Timur pada tanggal 18 s.d 20 Mei 2017.
    4. Mengikuti Bimtek Penerapan PTSP Angkatan II pada 19-22 Juli 2017 di Bali.
    5. Mengikuti Bimtek SPIPISE Tahun 2017

 

  • Outbond Management Training

Untuk meningkatkan kerjasama tim dalam melaksanakan tugas pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dilaksanakan Outbond Management Training setiap tahunnya:

  1. Outbond Management Training di Parai Resort  Bukittinggi pada tahun 2015
  2. Outbond Management Training di Ngarai Sianok Resort Bukittingi pada tahun 2016
  3. Outbond Management Training di Harau Resort Kab. Lima Puluh Kota tahun 2017

 

 

 

OMT di Parai Resort  Bukittinggi 2015

 

 

OMT di Harau Resort   Kab. Lima Puluh Kota 2017

  • Diklatpim

Mengikuti Diklatpim III

Mengikuti Diklatpim IV

 

  • Diklat teknis

Magang SPIPISE di BKPM RI

 

Hubungi Kami

Pengaduan Online