Profil

Profil

PROFILDINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN TANAH DATAR

I. Sekilas Profil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja

A. Visi dan Misi

       Visi :

                  “Meningkatnya Investasi dan Kesempatan Kerja melalui Penyiapan Potensi Investasi, pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketersediaan Tenaga Kerja yang Siap Pakai”

      Misi :

  1. Mewujudkan aparatur yang disiplin dan profesional
  2. Mewujudkan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai
  3. Menyiapkan potensi investasi yang dapat dipromosikan dan dikerjasamakan
  4. Meningkatkan pelayanan terpadu satu pintu bidang penanaman modal  
  5. Meningkatkan  pelayanan ketenagakerjaan
  6. Meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan
  7. Menciptakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan penyempurnaan legislasi dalam proses pelayanan penanaman modal dan ketenagakerjaan
  8. Meningkatkan pembinaan dan pengawasanpenanaman modal dan ketenagakerjaan

B. Motto

                  “ Kepastian Pelayanan di T4 (Tepat syarat, Tepat prosedur, Tepat waktu dan Tepat biaya)”

(dapat juga diartikan adanya kepastian pelayanan perizinan di T4 (tempat) mulai dari persyaratan dan contoh blangko serta waktu penyelesaian izin (sudah diperoleh pada PATEN), dan ketepatan prosedur dan biaya retribusi yang dikenakan diperoleh pada Dinas PMPTSP NAKER

C. Maklumat/ Janji Layanan

Kami Pegawai Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar, dengan ini berjanji akan memberikan pelayanan kepada masyarakat :

  1. Dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Memberikan Informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat
  3. Cepat dalam pelayanan, waktu yang pasti dan biaya yang transparan
  4. Menerima setiap keluhan dan keberatan masyarakat secara ikhlas dan sabar serta mencarikan solusi yang tepat
  5. Tidak akan menerima pemberian dan hadiah dari masyarakat dalam bentuk apapun
  6. Melaksanakan budaya kerja yang profesional selaku abdi negara dan abdi masyarakat
  7. Berusaha meningkatkan kemampuan diri mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi terutama di bidang pelayanan publik

"Insya Allah kami sanggup menyelenggarakan Pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang ditetapkan, dan Apabila tidak menepati Janji, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku"

 

D. Standar Operasional Prosedur (SOP)

SOP Pelayanan perizinan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 503/15/DPMPTSP NAKER-2017 tanggal 30 Maret 2017, dan saat ini sedang dibahas  dengan perangkat daerah terkait untuk ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar berdasarkan pasal 14 ayat (2) Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah. Prosedur pelayanan perizinan yang dilakukan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja selama ini tetap mengacu kepada Standar Operasional   Prosedur pelayanan perizinan yang telah ditetapkan.

E. Sistem Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Sistem Pengelolaan Pengaduan Masyarakat ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 500/175/DPMPTSPNAKER-2017 tanggal 17 Maret 2017 Tentang Mekanisme Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar. Untuk melakukan pengelolaan pengaduan masyarakat dibentuk unit pengelolaan pengaduan melalui Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor/13/PMPTSP DAN NAKER-2017 tanggal 17 Maret 2017 Tentang Pembentukan Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar.

 

Layanan pengaduan masyarakat melalui:

  • Loket Pengaduan
  • Kotak Pengaduan
  • Telpon pengaduan
  • Website DPMPTSP NAKER
  • Email Pengaduan
  • LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) kontennya ada pada Website Tanah Datar

 

F. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilaksanakan minimal 1 kali setahun. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan dilakukan oleh Tim Survey Kepuasan Masyarakat yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar Nomor 500/232/PMPTSP NAKER-2017 tanggal 7 April 2017 Tentang Pembentukan Tim Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Tahun 2017. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2017 terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja yaitu 78,10 dengan mutu pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan: Baik. Disamping itu Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja menyediakan Kotak Survei Pelayanan Publik untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

 

G. Standar Pelayanan

Standar Pelayanan Perizinan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Nomor: 503/15.a/DPMPTSP NAKER-2017 tanggal 30 Maret 2017 Tentang Penetapan Standar Pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar. Saat ini Standar Pelayanan perizinan dibahas untuk ditetapkan dengan Keputusan Bupati Tanah Datar berdasarkan pasal 13 ayat (2) Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah.

Standar Pelayanan Perizinan tetap disosialisasikan, baik melalui website Dinas PMPTSP NAKER, melalui Radio Luhak nan Tuo dan Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan pada 14 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Spanduk pelayanan pada ruang Informasi Dinas PMPTSP NAKER dan spanduk yang dibagikan ke kecamatan dan Buku Informasi.

Sosialisasi Pelayanan Perizinan pada salah satu Kecamatan

 II. Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja.

  1. Data Personil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja

Data Personil Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kondisi Maret 2018 yaitu 44 orang. Komposisi pegawai tersebut dirinci  dalam tabel sebagai berikut : 

 

Tabel 2.1

Sumberdaya Manusia Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar

 

No Nama/ Nip Pangkat/ Gol Jabatan
1. Zarratul Khairi, SE, MT
NIP. 19630805 199003 1 005
Pembina TK.I, IV/b Kepala Dinas PMPTSP-NAKER
2. Dodi Juli Hendri, ST, MT. MSc
NIP. 19740703 200212 1 0021
Pembina, IV/a plt. Sekretaris PMPTSP-NAKER
3. Dodi Juli Hendri, ST, MT. MSc
NIP. 19740703 200212 1 002
Pembina, IV/a Kabid Penanaman Modal dan ESDM
4. Syofa Nova Budianto, SH
NIP. 19740612 199403 1 005
Penata Tk. I, III/d Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan
5. Drs. Yommasrizal
NIP. 19631102 199302 1 001
Pembina, IV/a Kabid Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Layanan
6. Melly Hendrayani, S. Kom
NIP. 19761222 200212 2 007
Pembina, IV/a Kabid Tenaga Kerja
7 Rizki Fauzi Oktaria Duha, S.STP
NIP. 19881025 201010 2 001
Penata Muda TK.I, III/b plt. Kepala UPT BLK
9. Zedriyenti, S.Sos
NIP. 19820808 200701 2 002
Penata Muda TK.I, III/b Kasubag perencanaan dan Evaluasi
10. Aditia Kurnia, SE
NIP. 19741230 200003 1 004
Penata Tk. I, III/d Kasubag Keuangan
11. Hildiyanti Zilfia, SE
NIP. 19651024 199303 2 003
Penata&nb